20 February 2009

satu fakta

beberapa hari yang lalu, gue bertandang ke suaka margasatwa muara angke (SMMA). ada perlu. bareng sama kak ichay jgm. sama kakak2 dari antv.

posting kali ini bukan tentang perjalanan kesananya. tapi, mengenai satu fakta atau cerita, yang dikasih tau kak ichay, pas kita2 lagi ada di dermaga.

tepat disebrang dermaga, ada beberapa rumah. rumah itu tempat tinggal dari para nelayan sekitar sana. kalau diliat2, kurang cocok disebut rumah. itu lebih keliatan seperti gubuk.

bagi yang belum tau, SMMA berada didalan perumahan tajir Pantai Indah Kapuk (PIK). bayangin, gubuk dan rumah mewah ampun2an. jomplang banget kan? ngenes ngeliatnya.

balik lagi ke nelayan. mereka mengkonsumsi air dari kali didepan rumah mereka. kali angke. yang kotornya ampun2an.

segala macam sampah ada disana. belum lagi, limbah2. mulai dari limbah rumah tangga sampai limbah pabrik.

logikanya, air disana sangat tercemar.

tapi, si nelayan dan keluarganya mengkonsumsi air tersebut.

kalau liat, pengkonsumsiannya, kasian banget. mereka pake air itu untuk mandi, makan, bahkan minum. astagfirullah

bersyukurlah kita masih bisa mengkonsumsi air bersih dan layak konsumsi.

berita intinya adalah.

kak ichay cerita kalau waktu itu ada pemeriksaan gitu. pas di cek cek, salah satu ibu disana, ASINYA MENGANDUNG MERKURI. astaga.

bayangin dong. merkuri. zat yang gak bagus. zat yang dipake buat mutihin muka (biasanya dikosmetik). ada di asi seorang ibu? bagaimana nasib anaknya?

gue baru tau info ini beberapa hari yang lalu. pengen banget ngelakuin sesuatu. tapi gue gak tau apa. ada yang tau??

sedih banget, mereka luput dari perhatian pemerintah.

semoga aja. gak ada ibu lg yang kayak gitu. kalau gak, mau gimana nasibnya?

gimana menurut kalian?


*od@smma*

2 comments:

rina Tuesday, February 24, 2009 8:42:00 AM  

Yes Die, that is a fact, sadly! sedih ngelihatnya. Satu contoh lagi, pas kita ngebuang makanan, dan aku melihat sendiri anak kecil ngorek2 tong sampah untuk mencari makan ;-(
that's a huge problem that become one of our responsibility to solve it!

Odiee Nasution Friday, March 06, 2009 8:03:00 AM  

iyaa banget mba.

ketimpangan itu sangat jelas. dan sayangnya, gak semua punya care.

yaa buat yang care, tetep jalanin dan influence ke orang - orang! ya kan?

  © Blogger templates 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP